1/31/2017

Berapa Besar Risiko Epilepsi Pada Anak Autis

Risiko Epilepsi Pada Anak Autis - Penyakit epilepsi sering dikaitkan dengan penderita autisme. Seberapa besarkan risiko penderita autis untuk menderita penyakit epilepsi?

Berapa Besar Risiko Epilepsi Pada Anak Autis?


Risiko Epilepsi Pada Anak Autis

Epilepsi adalah salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh penderitanya. Penyakit ini juga termasuk berbahaya, mengingat kejang yang bisa kambuh kapan saja dan di mana saja.

Apa hubungannya penyakit epilepsi dengan autisme?

Banyak sekali yang menghubungkan antara penyakit epilepsi dengan autisme. Jika memang begitu, seberapa besarkan risiko anak autis untuk menderita epilepsi?

Risiko Epilepsi Pada Anak Autis


Penyandang autisme memiliki risiko lebih besar untuk mengalami epilepsi dibandingkan dengan anak yang tidak autisme. Hal ini disampaikai juga oleh Dr Hardiono D Pusponegoro, SpA(K) dalam acara Expo Peduli Autisme 2010 lalu.

Dr Hardiono berkata "Sebanyak 40 persen anak penyandang autisme juga mengalami epilepsi, sedangkan risiko pada anak bukan autisme hanya sekitar 1-2 persen saja. Sebaliknya anak yang mengalami epilepsi tertentu sering disertai dengan gejala autisme".

Dr Hardiono menambahkan kejang adalah perubahan sementara dan tidak terkontrol dari kesadaran, perilaku, aktivitas motorik, sensasi atau fungsi otonomnya. Hal ini disebabkan oleh aktivitas listrik sel saraf di otak yang berlebihan. Jika kejang terjadi lebih dari 15 menit dianggap sebagai kejang lama, sedangkan jika berlangsung lebih dari 30 menit disebut sebagai status epileptikus.

Anak dengan beberapa keadaan khusus misalnya tuberous sclerosis, rubella congenital, sindrom Down, sindrom Landau Kleffner dan electrical status epilepticus during slow-sleep dapat mengalami autisme dan epilepsi secara bersama-sama.

Seorang anak yang mengalai kejang tanpa demam untuk pertama kalinya disebut sebagai first unprovoked seizure. Sebanyak 20 persen anak yang mengalami kejang ini akan mengalami kejang kembali. Jika sudah dua kali mengalami kejang tanpa sebab maka disebut sebagai epilepsi. Epilepsi bisa terlihat sebagai bangkitan kejang umum seluruh tubuh atau hanya satu sisi (parsial) tubuh saja.

"Pemeriksaan EEG tidak dilakukan secara rutin pada anak penyandang autisme. EEG hanya bermanfaat jika anak mengalami epilepsi atau kemunduran (regresi). Dan juga tidak ada bukti bahwa kelainan EEG tanpa kejang bisa memperburuk gejala autisme," tambahnya.

Suatu penelitian jangka panjang dilakukan terhadap 108 anak penyandang autisme, didapatkan pada usia 17-40 tahun sekitar 38 persennya mengalami epilepsi. Epilepsi lebih sering ditemui pada penyandang autisme yang disebabkan oleh penyebab medis jelas, serta kejang pertama paling sering terjadi saat usia 3-7 tahun.

"Serangan yang paling sering dialami oleh anak autis adalah absence, yaitu serangan bengong secara tiba-tiba dan terjadi belasan kali dalam sehari. Kondisi ini mudah untuk diobati," ujar dokter dari divisi saraf anak departemen ilmu kesehatan anak FKUI.

Dr Hardiono menuturkan anak autis banyak yang menunjukkan perilaku hiperaktif dan gangguan perilaku lainnya, maka tidak semua obat bisa digunakan untuk anak penyandang autis dan harus memperhatikan kemungkinan efek samping dari pengobatan yang diberikan. Karena beberapa obat sering menyebabkan anak bertambah hiperaktif dan masalah perilaku lainnya.

"Tapi satu hal yang penting untuk diingat adalah jangan sekali-kali menghentikan obat epilepsi secara mendadak atau sendiri, karena dapat menyebabkan kejang yang lebih hebat dan sulit untuk diatasi," tambahnya.

Sumber : https://health.detik.com/read/2010/04/17/160536/1340229/764/risiko-epilepsi-pada-anak-autis

Terima kasih banyak sudah membaca artikel "Berapa Besar Risiko Epilepsi Pada Anak Autis" di atas, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.



0 komentar:

Posting Komentar